23 April 2020



Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) menyalurkan 1.250 paket sembako, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat. Penyerahan bantuan bertema “Peduli Sesama, Ukhuwah Membawa Berkah” ini secara simbolis digelar di Kampus I UIN SU Jalan IAIN Kota Medan, Rabu (22/4).
Rektor UIN SU, Prof Dr KH Saidurrahman, MAg menyampaikan, keluarga besar UIN SU melalui Badan Sosial (Bansos) UIN SU turut berpartisipasi dengan penyaluran bantuan sosial berupa sembako, masker dan hand sanitizer untuk masyarakat khususnya yang terdampak Covid-19. “Mudah-mudahan UIN SU bisa terus berpartisipasi dan berperan aktif dalam menghadapi wabah ini dan turut membantu meringankan beban masyarakat. Serta mendukung upaya pemerintah mengatasi wabah ini,” ujarnya usai penyerahan simbolis.
Ia menjelaskan, sebelumnya pula kampus Islam ini telah melakukan berbagai kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat di tengah merebaknya virus corona. Seperti penyemprotan disinfektan di 22 lokasi di Medan dan sekitarnya dengan menyasar sejumlah kantor dan puluhan masjid.
Warga kampus UIN SU juga menyumbangkan karya dengan membuat cairan disinfektan dan larutan hand sanitizer secara mandiri yang juga disalurkan kepada masyarakat. Gerakan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat di tengah pandemi. “Hal ini dalam rangka memajukan UIN SU yang juara dan Indonesia maju,” paparnya.
Ketua Bansos UIN SU, Dr Harun Al Rasyid bersama Ketua Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid 19 UIN SU, Dr Azhari Akmal Tarigan, MA menyampaikan rincian bantuan yang disalurkan. Pada penyerahan bantuan sembako bentuk peduli umat yang diselenggarakan kampus ini disediakan 1.250 paket sembako, masker dan hand sanitizer. “Tiap paket terdiri dari beras lima kilogram, minyak makan dua liter, gula satu kilogram dan teh,” tukasnya.
Ia menjelaskan, sasaran penyaluran bantuan ini meliputi tenaga honorer yang membutuhkan, unsur satuan pengamanan, cleaning servis, petugas kebersihan kota dan masyarakat di sekitar kampus. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat saat pandemi ini. Lalu masyarakat turut mendukung pemerintah memutus mata rantai wabah Covid-19 serta mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan.
Dr Harus Al Rasyid menjelaskan, program ini sekaligus tali asih dan menguatkan silaturahmi dengan anak-anak yatim dan para janda serta pensiunan yang ada di lingkungan UIN SU. “Kegiatan ini pula sekaligus untuk menyambut bulan suci Ramadan 1441H untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Mudah-mudahan bisa dirasakan dan dimanfaatkan masyarakat sekitar UIN SU,” ujarnya.
Teknis pembagian diatur dengan pembagian beberapa sektor. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari keramaian dan kerumunan masyarakat. Turut hadir dalam penyaluran bantuan secara simbolis tersebut para dekan, direktur Pascasarjana UIN SU dan para kepala-kepala lembaga (sumber berita: Humas UIN SU)
share to whatsapp
Mulai Februari 2019 | Meja Inspirasi