12 February 2020



Medan (UIN SU)
Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) memberikan bantuan beasiswa UPZ kepada 621 mahasiswa UIN SU kurang mampu di halaman kampus II UIN SU jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Senin 10 Februari 2020.
Penyerahan bantuan beasiswa kepada mahasiswa S1 ini merupakan bagian dari program UIN SU melalui UPZ.
Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN SU Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag., Kepala Biro AAKK Dr. H. Dur Brutu, M.Ag., Ketua UPZ Dr. Achyar Zein, M.Ag., Sekretaris UPZ Drs. Abdullah dan unsur pimpinan UIN SU.
“Alhamdulillah kita sudah berhasil menghimpun dana dari pendapatan ASN UIN SU sebesar 2,5 % per bulan dan menyalurkan 3,1 miliar rupiah kepada 1981 mahasiswa UIN SU sejak tahun 2018”, demikian disampaikan Rektor UIN SU Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag. dalam sambutannya.
“Kami sebagai pemegang amanah UIN SU memastikan anak-anakku harus selesai kuliah dan tidak boleh Drop Out karena ketiadaan biaya”, lanjut Rektor.
Rektor berpesan bahwa dana yang dihimpun melalui UPZ ini dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa UIN SU untuk meringankan biaya kuliah sehingga dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.
“Saya melihat wajah anak-anakku sekalian sangat cerah dan kelak akan menjadi pemimpin masa depan. Saya melihat wajah yang sama seperti saya pada belasan tahun yang lalu. Saya berdo’a semoga ke depan kalian bisa menjadi orang yang sukses dan semoga akan ada yang menjadi Rektor seperti saya”, kata Rektor diamini para mahasiswa.
Rektor merasa sangat bersyukur dan bahagia atas terlaksananya penyerahan bantuan UPZ pada hari ini. Ia berpesan agar para mahasiswa meluruskan niat dan terus meningkatkan kualitas serta memohon do’a semoga UIN SU semakin maju dalam berbagai hal.
Ketua UPZ Dr. Achyar Zein menjelaskan sampai saat ini dana UPZ telah terhimpun sebesar 3,1 miliar rupiah dari zakat para ASN UIN SU dan zakat eksternal di luar warga UIN SU yang memberikan zakat hartanya untuk dikelola oleh UPZ.
Ketua UPZ Dr. Achyar Zein menyerahkan secara simbolis beasiswa UPZ
“UPZ sampai saat ini telah menghimpun dana sebesar 3,1 miliar rupiah yang telah disalurkan kepada para mahasiswa UIN SU sejak tahun 2018. Ini merupakan kali ke 4 atau 4 semester UPZ menyalurkan bantuan, dan hari ini kita telah menyalurkan lebih dari 1 miliar rupiah kepada 621 mahasiswa kurang mampu dari seluruh fakultas di UIN SU “, terang Dr. Achyar.
Dijelaskannya bahwa mahasiswa penerima bantuan UPZ ini memperoleh keringanan uang kuliah berkisar 65% dari nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama satu semester.
Program ini diawali dengan seleksi berkas di tingkat jurusan lalu ke tingkat fakultas dan selanjutnya bagi yang lulus berkas dilakukan seleksi wawancara di tingkat universitas.
“Pada semester ini 1553 orang mahasiswa mendaftar secara online dan dinyatakan lulus berkas serta berhak mengikuti seleksi wawancara sebanyak 737 orang dan dinyatakan lulus 621 orang”, jelasnya.
Ke depan Dr. Achyar berharap program UPZ ini dapat memberikan biaya kuliah bagi para mahasiswa UIN SU yang kurang mampu dari awal perkuliahan hingga selesai.
Salah seorang mahasiswa UIN SU Muhammad Ilham dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam memberikan apresiasi kepada UIN SU dan merasa sangat bersyukur serta sangat terbantu dengan adanya program UPZ ini.
“Saya sangat berterimakasih kepada UIN SU khususnya kepada Bapak Rektor yang telah mempelopori dan membuat program UPZ ini. Dan saya sangat bersyukur UPZ telah membantu UKT saya. Saya merasa sangat terbantu dan berharap program ini dapat terus berlanjut agar mahasiswa UIN SU dapat terbantu biaya UKTnya sehingga dapat menyelesaikan kuliah dengan baik”, ungkapnya. (YS. Humas UIN SU)
share to whatsapp
Mulai Februari 2019 | Meja Inspirasi