29 February 2020


Oleh : Ahmat Faury, S.HI.,LL.M
(Difabel Tetra Amelia, Dosen, Penulis, Inspirator Meja Inspirasi)

Kemarin, Jum'at 28 February 2020 terkejut hati ketika seseorang dari tim staf khusus kepresidenan bidang sosial menelpon saya. Entah dari mana ia mendapatkan nomor ponsel pribadi saya, namun berita itu sangat menyenangkan hati sebab terkait pembentukan KND (Komisi Nasional Disabilita). Sebagaimana telah termaktub pada Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mengamanatkan pembentukan Komisi Nasional Disabilitas atau KND. Pasal 131 undang-undang tersebut mencantumkan tujuan pembentukan Komisi Nasional Disabilitas, yakni menghormati, melindungi, dan memenuhi hak penyandang disabilitas.

Sebagai masyarakat disabilitas tentunya saya pribadi sangat menantikan KND ini segera terbentuk. Bagaimana tidak, sudah empat tahun UU Disabilitas disahkan dan sampai saat ini peraturan pelaksanaan masih belum lengkap, bahkan jauh dari lengkap. Komisi Nasional Disabilitas juga belum dibentuk. Sebab Komisi Nasional Disabilitas diharapkan akan menjadi tempat bertanya, monitoring, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang terkait dengan isu disabilitas.

Menurut saya ketika dibentuknya Komisi Nasional Disabilitas (singkat KND) harus melibatkan beberapa orang masyarakat disabilitas dalam struktur kepengurusan yang akan menjadi perwakilan kami. Tentunya dengan memiliki kriteria yang Arif dan bijaksana, berpendidikan agar kiranya dapat memahami segala aspirasi serta menjadikan program kerja yang berguna bagi masyarakat disabilitas.

"Mayarakat umum hanya bisa memahami dan mendampingi disabilitas tapi tidak bisa merasakan bagaimana menjadi disabilitas". Oleh karena itu perlu adanya perwakilan masyarakat disabilitas yang bisa menjadi pengurus KND tersebut. Semoga di tahun 2020 ini dapat terwujud KND dengan sesegera mungkin. Mari kita serukan bersama kepada bapak Presiden Jokowi kiranya beliau dapat mengabulkan keinginan kita yang sebagai masyarakat disabilitas ini.

Kepada masyarakat umum, secara pribadi saya meminta dukungan serta perhatiannya untuk peduli antar sesama. Kita semua ciptaan Allah SWT, masing-masing kita punya hak hidup, hak ekonomi, hak sosial tanpa diskriminatif
share to whatsapp
Mulai Februari 2019 | Meja Inspirasi