04 January 2020




Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, mengapresiasi kepemimpinan Rektor UINSU Medan Prof Dr Saidurrahman MAg dalam memimpin kampus tersebut dalam kurun waktu hampir empat tahun.
“Saya mengapresiasi apa yang sudah diperbuat Pak Rektor selama memimpin UIN SU. Ini luar biasa, saya bangga,” kata Menag RI Fachrul Razi dalam ceramahnya di hadapan 1.000-an civitas akademika UIN SU Medan dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa UIN SU Kampus  1. Jalanutomo Ujung Medan, Sabtu (04/01/2020).
Turut hadir pada acara tersebut, Rektor UIN SU Medan  TGS.Prof.Dr.KH.Saidurrahman MAg, para Wakil Rektor, Dekan, Kapoldasu Irjon Pol Martuani Sormin dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Mohammad Sabrar Fadhilah.
Menag mengaku terkesima dengan pembangunan kampus UIN SU Medan yang begitu banyak perkembangannya. Bahkan, kata beliau Kementerian "Agama RI tetap memberikan dukungan penuh untuk penambahan fasilitas kampus UINSU".
Sebelumnya, Rektor UINSU menyampaikan beberapa capaian perkembangan kampus UIN SU dalam empat tahun kepemimpinan , kata beliau.Padahal, berdirinya IAIN SU sebelum berubah menjadi UIN SU merupakan IAIN perintis, dan perkembangannya terkini menjadi baik.
“Dalam BAN PT, kita sudah memperoleh akreditasi B. Dan tahun 2021 ini, kita berbenah dan akan berjuang mendapat akreditasi A. Untuk itu kita mohon dukungan dari Pak Menteri Agama,” harap rektor.
Rektor UIN SU merincikan sejumlah perkembangan yang sudah dibangun di masa kepemimpinannya. Pertama, sedang dibangun tujuh kampus berstandart internasional di kawasan Medan Tuntungan. Gedung kuliah itu kini sudah 70 persen rampung penyelesaiannya.
“Kampus itu nantinya, dilengkapi asrama mahasiswa yang mewajibkan setiap mahasiswa berbahasa Arab dan Inggris,” ujarnya.
Kedua, (lanjut Rektor) UIN SU juga sudah memiliki lahan  100 hektar lahan untuk persiapan pembangunan kampus kelima di Desa Sena, Batangkuis, Kabupaten Deliserdang. Progresnya saat ini, pihaknya sudah melakukan pemanjaran Rp 6 miliar dari total pembayaran Rp 40 miliAr.“
Rencananya, kampus ini akan diproyeksikan untuk pembangunan fakultas baru, seperti kedoktaran, pertanian dan teknik. Insya Allah akan sesegera mungkini terwujud,” tambah Rektor.
Rektor berharap guna mempercepat proses penyelesaian ganti rugi lahan tersebut, pihaknya mohon dukungan kepada Menteri Agama RI untuk proses tahapan pembangunan selanjutnya.
Menanggapi hal tersebut, Menag RI Fachrul Razi mengaku bangga dan menyambut baik sejumlah capaian yang dilakukan Rektor UIN SU Prof.Saidurrahman selama memimpin UIN SU Medan empat tahun terakhir. Ia memberikan apresiasi sekaligus mendukung program pembanguna kampus tersebut.

share to whatsapp
Mulai Februari 2019 | Meja Inspirasi